Jumat, 22 April 2016

Wisata Menakjubkan Di Bukit Batas


Ini bukanlah Panorama Raja Ampat Papua Barat melainkan BUKIT BATAS ARANIO Kab. Banjar - Kalimantan Selatan, bisa di bilang Miniaturnya Raja Ampat Papua Barat dengan memiliki kelebihan- kelebihan dan juga kekurangannya.

Pulau seluas lebih kurang 1 Ha ini berdekatan letaknya dengan pulau pinus, dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dari pelabuhan Tiwingan. Seperti halnya dengan pulau pinus, kawasan ini cocok untuk rekreasi santai dan olahraga air.

Topografi         : Bervariasi dari datar sampai sangat curam
Ketinggian        : 63 - 1.373 mdpl
Tanah             : Podsolik merah kuning, latosol dan litosol
Geologi         : Batuan induknya merupakan formasi sedimen pra-tersier, batuan pluton dan batuan basa
Iklim            : Tipe iklim A dan B (Schmidt dan Ferguson)
Curah hujan (rata-rata) : 1.150 - 2.000 mm/tahun Temperatur (rata-rata) : 20 - 35 °C Kelembaban (rata-rata) : 73 – 82 %.

Nah kalau Anda ingin benar-benar ingin menikmati Pemandangan yang Indah, melihat Pulau pulau Kecil berserakan , ingin melihat air yang bening, ingin mendaki ke Puncak Gunung, beriwisata petualangan Alam, dengan harga yang murah dan tidak mahal, maka Anda harus berkunjung Ke BUKIT BATAS ARANIO Kab. BANJAR – KALIMANTAN SELATAN. Pemandangan di BUKIT BATAS ARANIO tak kalah menarik dengan pemandangan yang ada di Raja Ampat.

Pendakian ke puncak gunung Bukit Batas melalui perjalan yang sangat bervariasi mulai dari jalan darat menggunakan taxi /kendaraan pribadi, kemudian menggunakan kelotok (kapal air) dan yang terakhir pastinya jalan kaki.

rute perjalanan yang di lalui; menuju Simpang 4 Banjarbaru kemudian ambil kearah Sungai Ulin naik taksi/kendaraan pribadi sampai pelabuhan Riam Kanan di Desa Tiwingan Lama kecamatan Aranio. Dari simpang 4 banjar baru menuju desa tiwingan Lama memakan waktu sekitar 45 menit, dan dari pelabuhan Riam Kanan menuju Pinus 2 dengan menggunakan kelotok(kapal air) memakan waktu 30 menit, selanjutnya dari pinus 2 para pendaki harus berjalan kaki sampai keperkampungan warga dengan perjalanan sekitar 20 menit.

Setelah sampai perkampungan, para pendaki diwajibkan melapor kepada petugas/RT
setempat untuk meminta izin pendakian. Disitu pengunjung
bisa juga istirahat untuk melepas penat karna perjalanan
yang cukup melelahkan.

Kemudian dari perkampungan menuju puncak memakan waktu sekitar 1½ jam.
dalam perjalan kita banyak menemukan dan melihat pemandangan yang sangat memukau, Batu-batu besar yang terukir alami menghiasi perjalan dan pohon rindang seakan menyambut kita dengan lambayan daun yang tertiup angin. Akhirnya barulah sampai ke puncak Bukit Batas. Juga bisa menikmati matahari terbenam dan matahari terbit.

 Terima Kasih sudah mau bekunjung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar